09 December 2007

(110) Comments

Apa itu Page Rank?

Kendhin

Page Rank Adalah... bla..bla..bla.. aduh males njelasinnya, gini aja deh ini ada artikel dari Om Wikipedia, baca sendiri ya.

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.
Trus bagaimana cara kerja Page Rank?

Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.
Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.

Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

Mau tahu algoritma page rank?
Dari pendekatan yang sudah dijelaskan pada artikel konsep pagerank, Lawrence Page and Sergey Brin membuat algoritma pagerank seperti di bawah :

Algoritma awal PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

Salah satu alogtima lain yang dipublikasikan PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

* PR(A) adalah Pagerank halaman A
* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)

Random surfer model merupakan pendekatan yang menggambarkan bagaimana sesungguhnya yang dilakukan seorang pengunjung di depan sebuah halaman web. Ini berarti peluang atau probabilitas seorang user mengklik sebuah link sebanding dengan jumlah link yang ada pada halaman tersebut. Pendekatan ini yang digunakan pagerank sehingga pagerank dari link masuk (inbound link) tidak langsung didistribusikan ke halaman yang dituju, melainkan dibagi dengan jumlah link keluar (outbound link) yang ada pada halaman tersebut. Rasanya semua juga menganggap ini adil. Karena bisa anda bayangkan apa jadinya jika sebuah halaman dengan rangking tinggi mengacu ke banyak halaman, mungkin teknologi pagerank tidak akan relevan digunakan.

Metode ini juga memiliki pendekatan bahwa seorang user tidak akan mengklik semua link yang ada pada sebuah halaman web. Oleh karena itu pagerank menggunakan damping factor untuk mereduksi nilai pagerank yang didistribusikan sebuah halaman ke halaman lain. Probabilitas seorang user terus mengkilk semua link yang ada pada sebuah halaman ditentukan oleh nilai damping factor (d) yang bernilai antara 0 sampai 1. Nilai damping factor yang tinggi berarti seorang user akan lebih banyak mengklik sebuah halaman sampai dia berpindah ke halaman lain. Setelah user berpindah halaman maka probabilitas diimplemntasikan ke dalam algoritma pagerank sebagai konstanta (1-d) . Dengan mengeluarkan variable inbound link (link masuk), maka kemungkinan seorang user untuk berpindah ke halaman lain adalah (1-d), hal ini akan membuat pagerank selalu berada pada nilai minimum.

Dalam algoritma pagerank yang lain, terdapat nilai N yang merupkan jumlah keseluruhan halaman web, jadi seorang user memiliki probabilitas mengunjungi sebuah halaman dibagi dengan total jumlah halaman yang ada. Sebaagai contoh, jika sebuah halaman memiliki pagerank 2 dan total halaman web 100 maka dalam seratus kali kunjungan dia mengunjungi halaman itu sebanyak 2 kali (catatan, ini adalah probabilitas).

Aduuh.. panjaaaaang banget penjelasannya. Aku sendiri belum baca semua lho, hi..hi.hi. :P ini cuma asal kopi/paste dari om Wiki (panggilan akrab Wikipedia)




Artikel yang Berhubungan :



Jumlah Komentar = 110
Togu Siregar said :
16 August, 2008
artikel nya sangat membantu sekali mas :)

lagi berjuang nih untuk meningkatkan pagerank blog saya... :D
Anonymous said :
09 September, 2008
terimakasih penjelasannya...
Anonymous said :
15 September, 2008
ada contohnya?
22 September, 2008
mas tolong kirimkan artikel pembelajaran html,cara membuat website dg html,tlng kirimke "aliscorpions@gmail.com,makasih
esta rianto said :
22 December, 2012
www.situs-internet.com

siapa yang ingin bertukaran iklan dengan saya
kunjungi ini
http://www.situs-internet.com/2012/12/jasa-pembuatan-iklan-gratis.html
tanggal said :
02 April, 2013
Nice Blog
30 August, 2013
Ya terima kasih
02 September, 2013
ok bgt bro
20 September, 2013
ok siiip
04 November, 2013
trima kasih gan
04 November, 2013
trimakasih infonya...
04 November, 2013
sangat bermanfaat arikelnya
04 November, 2013
sangat berterimakasih
07 November, 2013
hmmmm, siiipppp infox gan..... ;)
09 November, 2013
thx bgt gan...
09 November, 2013
sangat membantu sAYA
09 November, 2013
trimakasih buat infonya
09 November, 2013
bermanffaat sekali infonya
obat sipilis said :
13 November, 2013
senangnya bisa berkoment d blog anda
13 November, 2013
sangat bermanfaat blog anda
13 November, 2013
makasih pak
obat sipilis said :
23 November, 2013
sipp pak
25 November, 2013
nice post
11 December, 2013
trmakasih
obat sipilis said :
16 December, 2013
Can I have out of always being afraid?
obat ambeien said :
16 December, 2013
Can I have out of always being afraid?
16 December, 2013
Can I have out of always being afraid?
obat wasir said :
16 December, 2013
Can I have out of always being afraid?
21 December, 2013
sangat membantu
21 December, 2013
senangnya bisa berkoment d blog anda
21 December, 2013
senangnya bisa berkoment d blog anda
21 December, 2013
sangat berterimakasih
21 December, 2013
http://teguhwibowo66.wordpress.com/2013/11/29/cara-mengobati-kutil-kelamin-dengan-cepat/
17 January, 2014
Nice Post Gan
17 January, 2014
Nice Artikel
21 January, 2014
tangkyu infonya
03 February, 2014
selamat pagi
bagus infonya
Unknown said :
13 March, 2014
Cob4KL!K Blog: mantap bosss
makasih banyak om infoenya, ane juga punya cara nih buat meningkatkan page rank blog, ntah bisa berhasil atau tidak, boleh di coba kalau mau
Unknown said :
05 July, 2014
salam kenal dan jangan lupa berkunjung ke situs kami juga yah gan yang membahas seputar obat sipilis herbal dengan obat herbal aman dan ampuh tanpa efek samping. Informasi cara menyembuhkan penyakit sipilis yang lengkap beserta obatnya yang tepat dan berlisensi DINKES RI.
Unknown said :
06 July, 2014
sebelumnya salam kenal gan .enaknya kalo malam malam gini ngopi gan.
sambil ngopi kunjungi situs ane ya gan di jamin tidak merugikan ? ? ?
obat sipilis
obat sipilis pada pria
obat sipilis pada wanita
obat sipilis herbal
obat spilis di apotik
Bobby said :
07 July, 2014
Trimakasih gan saya jadi faham tentang artikel agan...dan saya mohon maaf numpang lapak gan semoga ada yang berkenan untuk mengunjungi situs kami mengenai penyakit kelamin... ~ obat sipilis pada pria ~ obat-sipilis-pada-pria-yang-paten ~ obat penyakit sipilis pada pria
Unknown said :
09 July, 2014
selamat sore dan salm kenal gan post agan sangat bermamfaat banget trimakaish gan obat sipilis pada pria dan wanita di apotik lapak ane gan obat sipilis pada pria dan wanita mohon izininya gan obat sipilis di apotik
Unknown said :
10 July, 2014
Salam kenal gan artikelnya ok & bermanfaat Jangan lupa juga kunjungi website kami yang membahas tentang...obat sipilis pada wanitaObat Untuk Penyakit Sipilis Pada WanitaNama Obat Untuk Penyakit Sipilis Pada Wanita
Unknown said :
10 July, 2014
selamat malam gan yang agan=2 yang ganteng  obat sipilis pada pria dan wanita di apotik lapak ane gan obat sipilis pada pria dan wanita mohon izininya gan obat sipilis di apotik alami
Bobby said :
16 July, 2014
timakasih dan salam kenal gan... artikelnya ok... dan jangan lupa kunjungi situs kami ya gan yang membahas mengenai penyakit kelamin... ~ tips obat sipilis pada pria ~ tips obat sipilis pada pria ~ tips obat sipilis pada pria ~ tips obat sipilis pada pria ~ tips obat sipilis pada pria ~ tips obat sipilis pada pria ~ tips obat sipilis pada pria ~ tips obat sipilis pada pria ~ tips obat sipilis pada pria
Bobby said :
04 August, 2014
Gan... Artikelnya bagus gan saya senang membacanya... salam kenal gan dan jangan lupa kunjungin situs kami yang membahas tentang penyakit kelamin...obat sipilis terbaik ~ obat sipilis tetracycline ~ obat sipilis tradisional
Bobby said :
15 August, 2014
Gan Artikelnya bagus mantaf gan ane demen... salam kenal ya gan... dan jangan lupa juga kunjungi situs kami yang membahas tentang penyakit kelamin semoga berkenan gan... ~ cara obat sipilis pada pria ~ obat untuk penyakit sipilis pada pria ~ tips obat penyakit sipilis pada pria
Unknown said :
19 August, 2014
Gam Artikelnya bagus dan keren abis... Salam kenal gan dan jangan lupa kunjungin juga situs kami yang membahas tentang penyakit kelamin... semoga berkenan gan tararengkiew... ~ obat sipilis manjur ~ obat sipilis paling manjur ~ Obat Sipilis yg ampuh ~ obat sipilis yang paling mujarab ~ obat sipilis yamh ,anjur
Unknown said :
19 August, 2014
Gam Artikelnya bagus dan keren abis... Salam kenal gan dan jangan lupa kunjungin juga situs kami yang membahas tentang penyakit kelamin... semoga berkenan gan tararengkiew... ~ obat sipilis paling manjur ~ obat sipilis paling ampuh ~ obat sipilis paling mujarab ~ obat sipilis yang manjur ~ obat sipilis yang mujarab
ciaseng shop said :
02 September, 2014
Obat Perbesar Penis No.1 Alami

OBAT PEMBESAR ALAT VITAL PALING AMPUH PATENT

vimax capsuleobat pembesar penis | vimax canada http://www.pembesarpenisterbaik.com/
ciaseng shop said :
02 September, 2014
MemperBESAR Ukuran penis Dan mem PANJANG penis Sampai Dengan 8 Cm (HASIL PERMANEN)
Meningkatkan KETAHANAN Dan HASRAT SEKSUAL Dalam Berhubungan Seks
EREKSI Yang LEBIH PERKASA Dan TAHAN LAMa.
Mencegah DISFUNGSI EREKSI Dan Meningkatkan INTENSITAS ORGASME
Membuat Pasangan SEMAKIN LENGKET
LEBIH PERCAYA DIRI Dan MACHO
Keharmonisan Rumah Tangga Semakin menigkatkan vitalitas.
ok said :
04 September, 2014
Kontes SEO 2014 Terbaru Sanggarhost.com – Info Kontes SEO Terdasyat

Selamat Datang di kontes SEO yang di adakan oleh Sanggarhost.com, dalam rangka memperkenalkan telah hadirnya web hosting garatis di indonesia dengan ini sanggarhost mengadakan kontes seo dengan total hadiah 10.000.000,- segera uji kemampuan seo anda sekarang juga..

Hadiah Kontes SEO Ini 10juta rinciannya sebagai berikut:

Juara 1 : Rp 1.000.000 + Domain Com/net/org/biz + Hosting 10 Gb
Juara 2 : Rp 750.000 + Domain Com/net/org/biz + Hosting 10 Gb
Juara 3 : Rp 500.000 + Domain Com/net/org/biz + Hosting 5 Gb
Juara 4 : Rp 100.000 +Hosting 2.5 Gb
Juara 5 : Rp 100.000 + Hosting 1 Gb
Juara 6 – 10 : Hosting 500 Mb
Juara 11 – 20 : Hosting 350 Mb

Semuan Peserta 21 sampai peserta yang lolos mendapatkan Hosting 2oo Mb

Kayword yang di konteskan :
Sanggarhost.com Web Hosting Gratis, Murah, Terbaik dan Berkualitas di Indonesia

Waktu KOntes :
Pendaftaran di buka pada tanggal 25 Agustus dan di tutup pada tanggal 25 November 2014. penentuan pemenang tanggal 1 Desember 2014 jam 18.00 Wib

Info selengkapnya : http://www.sanggarhost.com/kontes-seo
24 October, 2014
http://renovasibergaransi.com/?ms=3&idc=3
http://klinikrumah.com/service/jasa-renovasi-rumah/
26 October, 2014
makasih
07 November, 2014
AGEN VIMAX
bangbons said :
14 November, 2014
makadih sob...infonya

http://goo.gl/S4aog9 | http://goo.gl/zqv8bz | http://wisatarahmah.com | http://travelwisataumrohhaji.com | http://umroh-hajiku.com | http://www.baitussalam-travel.com
brr said :
14 November, 2014
ok
kaka said :
14 November, 2014
syukron
haji said :
14 November, 2014
ahlan
ok rock said :
14 November, 2014
rocker
Unknown said :
15 November, 2014

kumpulan website download film bioskop terbaru gratis -->
[-] Download Film Terbaru | Watch Free Movie Online HD | Nonton Film Online ®fadly168.com
[-] Download Film Terbaru | Watch Free Movie Online HD | Nonton Film Online ®fadly168.com
[-] Download Film Terbaru Bioskop Indonesia | Nonton Film Online ®fadly168.my.id
[-] Download Film Terbaru | Watch Free Movie Online HD | Nonton Film Online | ®www.bioskop21.infod
[-] Download Film Terbaru Bioskop Indonesia | Nonton Film Online ®fadly168.ga
[-] Download Film bioskop terbaru Gratis ®oke-tv.com
[-] Download Film Terbaru Bioskop Indonesia | Nonton Film Online ®bioskop-21.com
[-] Download Film Terbaru Bioskop Indonesia | Nonton Film Online ®nonton-filmonline.com
[-] Download Film Terbaru Bioskop Indonesia | Nonton Film Online ®nontonfilm-online.com
[-] Download Film Terbaru Bioskop Indonesia | Nonton Film Online ®fadly168.blogspot.com
[-] Download Film Terbaru Bioskop Indonesia | Nonton Film Online ®fadly168.ml


[-] Download Film Bioskop Terbaru ®bioskop21.ga
[-] Download Film Bioskop Terbaru ®bioskop21.at.ua
[-] Download Film bioskop terbaru Gratis ®bioskop168.ga
[-] Download Film Bioskop Terbaru Gratis ®kasihtahu.ga
[-] Download Film Bioskop Terbaru Gratis ®fadly168.honor.es
[-] Download Film | Watch Movies Online ®filmbioskop.ga
[-] Download Film | Watch Movies Online ®gratiss.ga
[-] Download Film | Watch Movies Online ®nontonfilm.cf
[-] Download Film Bioskop Terbaru Gratis ®nontonfilem.ml
[-] Download Film barat terbaru Gratis ®film168.ga
[-] Download Film barat terbaru Gratis ®film4u.ga
[-] Download Film ®agb168.blogspot.com
[-] Download Film ®bioskop-168.blogspot.com
[-] Download Film ®film-indo-168.blogspot.com
Unknown said :
15 November, 2014

kumpulan website prediksi togel hari ini -->
[-] Prediksi Togel Jitu | Hongkong | Singapura | Malam Hari Ini ®pemaintogel.info
[-] Prediksi Togel Jitu | Hongkong | Singapura | Malam Hari Ini ®www.fadly168.be
[-] Prediksi Togel Jitu | Hongkong | Singapura | Malam Hari Ini ®prediksitogeljitu.in
[-] Prediksi Togel Bocoran Jitu | Hongkong | Singapura | Malam Hari Ini ®prediksi-togel.co.uk
[-] Prediksi Pemain Togel Jitu Hari Ini ®pemaintogel.us
[-] Prediksi Pemain Togel Jitu Hari Ini ®pemaintogel.us
[-] Prediksi Pemain Togel Jitu Hari Ini ®pemaintogel.org
[-] Prediksi Pemain Togel Besok Malam hari ini ®agb168.us
[-] Prediksi Jitu Pemain Togel Hari Ini ®www.pemaintogel.ga
[-] Prediksi Jitu Pemain Togel Hari Ini ®www.pemaintogel.cf
[-] Prediksi Jitu Pemain Togel Hari Ini ®www.pemaintogel.ml
[-] Prediksi Pemain Togel Malam Ini ®prediksi-togel.ga
[-] Prediksi Pemain Togel Jitu singapura hongkong Malam Ini ®dewatogel.ga
[-] Prediksi Pemain Togel Jitu singapura hongkong Malam Ini ®togel66.ga
[-] Prediksi Pemain Togel Jitu singapura hongkong Malam Ini ®rajatogel.ga
[-] Prediksi Pemain Togel Jitu singapura hongkong Malam Ini
[-] Prediksi Pemain Togel Jitu singapura hongkong Malam Ini


Very good post! We are linking to this particularly great content on our website. Keep up the good writing. visit me site bro
[-] Prediksi Angka Jitu Togel singapura hongkong malam hari ini
[-] Prediksi Togel Jitu Hari ini ®celebes.blogdetik.com
[-] Prediksi Togel Hari ini ®black99.blogdetik.com
[-] Prediksi Togel Jitu Hari ini togel22.livejournal.com
[-] Prediksi Togel Jitu Hari ini www1.black-id.us
[-] Prediksi Togel Jitu Hari ini prediksitogeljitu.angelfire.com/
[-] Prediksi Togel Jitu Hari ini prediksijitutogel.yolasite.com/
[-] Prediksi Togel Jitu Hari ini ®togeljp.at.ua
[-] Prediksi Togel Jitu Hari ini ®prediksitogel.fr.am
[-] Prediksi Togel Jitu Hari ini ®celebes01.edublogs.org
[-] Prediksi Togel Jitu Hari ini ®togel404.blogspot.com
[-] Prediksi Togel Malam Ini ®www1.prediksi-togel.ga
[-] Prediksi Togel Malam Ini ®fadly168.pen.io
[-] Prediksi Togel Malam Ini ®fadly168be.tumblr.com
26 November, 2014
Terima kasih atas informasinya tentang " Pagerank " :)
aditya said :
29 November, 2014
thank's gan... infonya sangat membantu
aink we said :
30 November, 2014
makasih gan membantu gw banget....

http://goo.gl/2ov9IM
http://goo.gl/qJb1pQ
http://goo.gl/RBDISU
http://goo.gl/a9RcS1
http://goo.gl/jUeUlv
http://goo.gl/cIvpy1
http://goo.gl/brFbrn
04 December, 2014
AGEN VIMAX ASLI CANADA
29 January, 2015
obat neosize xl
08 February, 2015
very nice....
Unknown said :
21 February, 2015
terimakasih sob

---->> http://goo.gl/QR3TSo
Vimax Asli said :
01 March, 2015
Nice Infonya Gan, Semoga Bisa bermanfaat buat saya
Obat Aborsi said :
01 March, 2015
Nice Infonya Gan, Semoga Bisa bermanfaat buat saya
09 March, 2015
nice info gan

http://goo.gl/QnBKUM
15 August, 2018
obat aborsi
22 February, 2019
terimakasih banyak atas info yang sudah di jelasin ya gan.

penirum asli
hammer of thor asli
hammer of thor asli italy
Data Hk said :
10 May, 2019
situs pengeluaran Data HK terlengkap

kami menyediakan situs Keluaran HK terlengkap dan tercepat di dunia
TechGuide said :
23 October, 2020
Very Nice website.

I am also new in blogging. You can visit my website and read my articles.
Admin said :
29 May, 2021
Amazing article HTTP Full Form.
Unknown said :
08 June, 2021
Very nice post kyc full form

I like your post
Full Form of DIG
Tec said :
27 June, 2021
OTT Platform is very nice services in the world
Tec said :
27 June, 2021
today all work Computer Full Form par adharit hai and Job Information

Unknown said :
26 October, 2021
MP bhulekh very usefull in MP people
Unknown said :
10 November, 2021
Total Gaming ajju bhai game is very popular in Gaming world
arbaj said :
27 January, 2022
These are very good post and i like your post...hindi skill
Unknown said :
01 February, 2022
fast job search provided fast job information about sarkari naukari, State Govt jobs, Admit Card, Result vacancies alert for fast job searchers. I have read all the comments and suggestions posted by the visitors for this article are very fine,We will wait for your next article so only.Thanks! pm kisan status check 11 installment.
Unknown said :
07 August, 2022
view t5y92p6q80 replica louis vuitton replica bags india replica bags south africa my company q9s12s5l24 replica bags wholesale More hints a2a92k2l07 replica wallets replica bags in delhi

Post a Comment